Tuesday, May 28, 2013

Mengenal Chipset dan Berbagai Macam Jenis Chipset

Selamat malam sobat Komputerista. Sobat sekalian pasti sudah pernah nih install windows di komputer/laptop. Setelah selesai install pasti sobat mesti install driver ini itu, dan saya yakin pasti sebagian besar sobat bakalan bingung, nih chipset buat apaan sih???

Karena ada request dari temen saya sendiri nih, akhirnya saya berusaha ngumpulin bahan buat bikin artikel tentang yang namanya chipset ini. Karena saya sendiri cuman tau sebagian kecil, akhirnya juga harus cari referensi sana-sini...hehehehe ^^

Setelah saya googling kesana kemari, gini nih sob penjelasannya. Sebenarnya chipset merupakan sebuah IC berukuran kecil pada sebuah komputer layaknya seorang "polisi lalu lintas" yang tugasnya mengatur aliran data dan juga menentukan piranti apa saja yang dapat didukung oleh sebuah komputer.

Chipset dibagi menjadi 2(dua) komponen utama, yaitu Northbridge dan Southbridge. Northbridge bertugas untuk mengatur cache memori, Host Bus dan juga Slot PCI ekspansi. Sedangkan Southbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dengan PCI Bus, serta mengatu port I/O dan slot IDE. Chipset juga mengatur kecepatan FSB(Front Side Bus), Bus Memori, dan Bus Grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang didukung oleh motherboard. Beberapa merk terkenal Chipset Northbridge dan Southbridge misalnya adalah Intel, VIA, NVidia, AMD, SiS.

Sebenarnya selain Northbridge dan Southbridge beberapa piranti On-Board seperti VGA, Wireless, Ethernet, Sound juga memiliki chipsetnya masing-masing sob. Untuk VGA misalnya, ATi/AMD, NVidia, Intel GMA, dan Matrox. Untuk Sound, ada Creative, Realtek, Sigmatel, ADI, dan ESS, dan masih banyak lagi chipset-chipshet lainnya yang pasti gk bakalan selesai-selesai ngetiknya...hehehe ^^

Mungkin sekian dulu ya sob pembahasannya, kalau ada yang kurang jelas, silahkan sobat tinggalkan jejak pada komentar di bawah.

6 comments :

  1. mau tanya mengapa harus ada lgi chipset nortbridge dan southbridge ?

    ReplyDelete
  2. bagus ni penjelasannya ... gan mau tanya ni ..caranya bikin ikan nya bisa berjalan kesana kesini di hampir sumua bagian halaman ( contohnya di blog punya e agan) gmn ya ... setahuku ikan ini bisanya di tambah di widget .. dan ukurannya pun seukuran sidebar ..kalao punya e gan kk bisa semua halaman ada ikannya ..caranya gmn mz ...terimakasih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....
      ane juga lupa gan, soalnya udah lama ini...
      seinget ane cuman isi dari widgetnya itu ane edit-edit dikit terus ane masuk.in ke background blog ini...

      Delete
  3. Teknologi mainboard sekarang udah jauh berbeda. Umumnya mobo sekarang cuma punya satu chipset saja, coz tugasnya udah bisa digantiin oleh prosesor. Dan hal ini dikenal dengan istilah SoC (Socket on Chip).

    ReplyDelete

Bingung Sob...!!!
Komentar disini saja...