Monday, June 17, 2013

Perbandingan Memory Single Channel Vs. Dual Channel

Hallo sobat komputerista. Udah tau belum mengenai memory single channel dan memory dual channel. Sebenarnya apa sih bedanya, dan yang penting mana yang lebih bagus. Kali ini komputerista akan mencoba untuk mengulasnya agar sobat tidak bingung lagi kalau ditanya masalah memory single channel atau dual channel yang labih bagus.

Pertama-tama kita cari tau dulu, apa sih pengertian dari dari memory komputer itu sendiri.


1.Pengertian Memory Komputer (RAM)

Memori (atau yang lebih dikenal dengan istilah RAM) sebenarnya adalah istilah yang merujuk pad sebuah media penyimpanan data yang bersifat sementara pada sebuah komputer. Setiap data yang sedang diproses oleh processor akan disimpan di dalam sebuah memory. Data yang tersimpan dalam memori fisik hanya bersifat sementara, setelah komputer dimatikan entah dengan cara apapun, maka semua data yang tersimpan pada memory akan hilang.

Lalu dengan menggunakan kapasitas yang lebih besar, apakah pasti akan meningkatkan kinerja komputer sobat? Jawabannya adalah iya. Namun sebenarnya bukan kapasitas yang lebih besar yang akan meningkatkan kinerja komputer, melainkan kecepatan memory itu sendiri.

Jika sebuah memori bertuliskan 1GB DDR2 800 PC 6400 apa artinya? Angka 1GB menunjukkan besarnya data yang bisa ditampung untuk sementara waktu dalam RAM yang akan dieksekusi oleh processor. Satuan umum yang digunakan untuk kapasitas memory adalah Byte. Jadi semakin besar angka Byte yang digunakan RAM maka semakin besar pula data yang dapat ditampung.

Apa arti DDR2 800 dan PC6400 diatas? Adapaun memory DDR2 800 maksudnya adalah memory tersebut menggunakan clock sebesar 800 Mhz dan tulisan PC 6400 pada memory berarti bandwith memory tersebut adalah sebesar 6400 Kb/s.

Jadi kalau bisa saya simpulkan, kapasitas memory tidak memiliki andil secara langsung mengenai kecepatan komputer, tapi kecepatan  memory itu sendiri lah yang mempengaruhinya.

Sampai sini mungkin sudah paham ya sob, sekarang kita lanjut ke babak selanjutnya (kirain bulutangkis) ^^

2. Pengertian Memory Dual Channel

Dual Channel (Dual = dua, channel = kanal, saluran) merupakan salah satu prinsip kerja memory. Dual channel itu sendiri merupakan teknologi baru yang dimiliki oleh Motherboard, bukan memorinya yang memiliki teknologi dual channel sob, jadi jangan salah sangka. Prinsip ini membutuhkan 2 (Dua) Memory Modul (2 Keping memory) yang sama dan identik, serta kemampuan Mainboard dan Chipset harus mendukung penggunaan Dual Channel. Prinsip ini mampu mempercepat kinerja memory dibanding Single Channel.

Nah, sekarang sobat tahu tentang apa itu memory, baik single channel, maupun yang dual channel. Selanjutnya waktunya kita membandingkan, yang mana sih yang lebih bagus, single channel atau dual channel.

Untuk membandingkannya, saya akan mengambil bebrapa analogi sederhana yang saya dapat dari berbagai sumber. Analaogi pertama, kita coba analogikan (umpamakan) ram ini dengan sebuah botol air.
1 liter = 1 GB memory.
Apabila dengan prinsip Single Channel, akan menjadi 1 x 1024 MB (1 x 1 liter botol dengan masing2 satu mulut botol, total 1 mulut botol).
Apabila dengan prinsip Dual Channel, akan menjadi 2 x 512 MB ( 2 x 0,5 liter botol dengan masing2 satu mulut botol, total 2 mulut botol)
Nah, masing-masing mulut botol tadi, diberi selang yang diameter dan debit airnya sama, otomatis botol pada Dual Channel akan lebih cepat penuh.

Analogi kedua merupakan analogi yang jauh lebih sederhana. Yaitu, lebih mudah mana untuk berjalan dengan 1 kaki, atau 2 kaki....hahahahhah ^^

Nah, sekarang pasti sobat sudah paham kan, mana yang lebih bagus. Lalu apa syarat utama untuk menggunakan dual channel memory. Untuk menggunakannya motherboard sobat wajib mendukung feature dari teknologi dual channel tersebut.

Untuk memory yang digunakan, soba punya 2 pilihan. Pilihan pertama sobat bisa memilih kit memory dual channel yang memang sudah disediakan oleh vendornya berupa 1 pasang berisi 2 keping memory dengan spesifikasi yang sama persis (identik), bahkan terkadang kode serialnya pun berurutan, jadi sobat sudah tidak perlu ragu lagi karena kedua memory tersebut sudah dijamin sama persis dan identik. Pilihan kedua, sebagai alternatif jika sobat sudah memiliki 1 memory dan ingin menambah, sobat bisa membeli 2 buah keping memory secara terpisah, dengan spesifikasi yang sama persis (identik). Disarankan untuk membeli dengan merek yang sama, karena biasanya setiap merek memiliki type dan kualitas IC yang berbeda.

Maksud dari spesifikasi yang sama, bukan berarti hanya ukurannya saja ya sob, tapi clock speednya dan bandwithnya pun juga harus sama persis. Jika spesifikasinya berbeda, memang benar kapasitas memory kita akan bertambah, dan kinerjanya pun juga pasti berbeda. Namun yang harus digaris bawahi adalah, ketika komputer sobat melakukan proses yang berat, maka akan sering terjadi crash, dan yang paling penting, jika spesifikasinnya berbeda maka fitur dual channel tidak akan bisa aktif.

NB: Karena banyaknya antusiasme pembaca mengenai artikel ini, saya putuskan untuk meng-update informasi mengenai Dual Channel.

Yang pertama saya rubah adalah statement jika spesifikasi tidak sama maka tidak bisa dual channel. Karena saat ini sudah ada motherboard yang bisa mengaktifkan dual channel meskipun dengan spesifikasi memory yang berbeda dengan teknologi yang disebut Asymmetric.

Dengan teknologi Asymmetric, meskipun frekuensi memory berbeda, memory tetap bisa berjalan pada dual channel, namun dengan catatan bahwa kecepatan memory akan mengikuti kecapatan terandah dari memory yang dipasang. Jadi misalkan kita memasang memory dengan kecepatan 553Mhz disandingkan dengan 667Mhz, maka memory 667Mhz akan dijalankan pada 553Mhz untuk mengimbangi kecepatan keping memory yang satunya.

Kemudian jika kecepatan sama namun size berbeda, maka memory bisa tetap berjalan pada dual channel, namun dengan penyesuaian size. Contohnya jika kita memiliki keping pertama 2GB dengan keping kedua 4GB, maka dual channel akan berjalan dengan hitungan  2GB dari keping pertama, dan 2GB dari keping kedua, sehingga total 4GB dual channel, dan sisa 2GB dari keping kedua akan berjalan sendiri sebagai single channel.

Buat sobat yang masih penasaran apa itu Asymmetric, bisa baca penjelasan saya pada artikel saya mengenai Istilah-istilah Dalam Memory Dual Channel. Dalam artikel tersebut, selain menjelasakan Asymmetric, saya juga mencoba untuk membahas Symmetric, Ganged, dan UnGanged.

Gimana sob penjelasanya.? Masih ada yang kurang jelas.? Kalau sobat ada pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan sobat tinggalkan jejak sobat pada kotak komentar dibawah. Sampai jumpa lagi sobat.

247 comments :

  1. mau tanya gan:
    1. jika beli ram terpisah, clock nya sama apakah bandwidth nya bisa dipastikan sama, dan sebaliknya?
    2. jika clock, bandwidth, dan merk sama, tetapi kapasitas berbeda apa bisa digunakan sbg dual channel?
    3. jika diatas tidak bisa dual channel, apakah masih bs berfungsi normal, dan mempercepat kinerja sistem?
    thanks gan.
    -arjun-

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari beberapa referensi yang saya terima, gini sob...
      1. clock speed sama bandwith itu udah 1 paket, jadi kalau clock speed "sekian" bandwith sudah pasti "sekian"...
      2. gk bisa bro, dual channel wajib identik...
      3. memang masih bisa digunakan dan berfungsi secara normal, hanya saja fitur dual channelnya tidak akan aktif. untuk kinerja sistem juga sudah pasti meningkat meskipun tidak bisa secepat kinerja dengan dual channel. tapi sayangnya, dari bebarapa kasus yang saya dengar, kalau kondisinya demikian (2 ram tidak identik) jika digunakan untuk proses yang berat, kadang akan terjadi crash...

      mungkin itu informasi yang bisa saya berikan, semoga membantu sob...

      Delete
    2. thanks bro...

      Delete
    3. sama-sama bro, terimakasih atas kunjungannya....

      Delete
    4. bisa loh sebenernya Berbeda Bandwidth/kapasitas Memorynya.
      jika Chipset bersangkutan dan pabrik /vendor yang buat sama..

      Delete
  2. Bro infonya berguna banget (y)
    Tadinya ane mau tuker tambah ram 2Gb ane ke 4gb ternyata mending beli 1 lagi yang 2Gb dari pada tuker tambah
    Tapi ane punya beberapa pertanyaan nih hehe
    1. Kalo merek beda tapi clock speed sama itu gimana tuh bro ?
    soalnya ram pertama ane buatan "Nanya Technology" jarang yang jual :hammer
    ato mending ane jual dulu ini ram terus beli yang baru ?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar bisa sob, tapi kinerjanya pasti tidak akan sebagus yankg 1 paket 2 keping. Karena yang 1 paket sudah dipersiapkan untuk dual channel, bahkan serialnya pun kadang berurutan.
      Kalau saran saya, daripada tukar tambah jadi 1 keping 4GB, mending tuker 1 paket 2x2GB.

      Delete
  3. brarti kalo pake RAM 2GB + 4GB sama 2GB + 2GB (identik)
    agan milihnya yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pasti pilih 2GB+4GB lah sob. Yang diperbandingkan di sini thu yang single channel sama dual channel sob. Misalnya 1 keping 4GB (1x4GB) dengan 2 keping 2GB (2x2GB).

      Delete
    2. mas bro kalau 4 gb +2 gb itu single chanel dibandingkan ama 2keping 2gb(2x2gb) dual channel itu kira bagus mana ? terus cara nentuin modebortnya bisa pake dual channel apa ya ? apa semua modebort bisa pake dual channel ? trimakasih

      Delete
    3. sebenernya sih kalau dilihat kasat mata pada slot memorynya sama saja gan, agan bisa tapi biasanya di dekat slot memorynya bakalan ditulis "Dual Channel Memory" dsb kalau gk ada, jangan suuzon dulu, coba dilihat di manual booknya, atau bisa juga dilihat langsung ke website manufacturernya ntuh mobo...

      Contohnya kayak motherboard saya ini, bisa dilihat langsung ke webnya, atau cari di google juga bisa, lihat di bagian memory, ada tulisan "Dual Channel DDR3 memory technology", kalau ada keterangan seperti itu, berarti motherboard tsb siap buat dual channel...

      http://www.asrock.com/mb/Intel/G41M-VS3/

      Delete
  4. Bro mau Tanya ane waktu itu beli RAM apacher Giant 8gb kit, trus dipasang , di Bios terlulis Dual channel, bbrp bulan kemudian ane iseng buka bios lg kok jadi single channel tp ram dua2nya kedetect, kira2 Bro deny tau apa penyebabnya dan bagaimana solusinya.. tq bro ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih buat kunjungannya ke blog sederhana saya, saya akan mencoba sedikit membantu. Jujur saya sendiri belum pernah mengalami trouble tersebut, jadi saya mecoba mencari referensi dan pengalaman orang lain.

      1. Coba kembalikan seluruh setting PC sobat termasuk BIOS pada kondisi default setidaknya seperti saat kondisi bisa dual channel.
      2. Bersihkan slot memory yang sobat gunakan.
      3. Coba tes dengan memory lain. Jika tes nomer 3 berhasil, berarti memory sobat yang bermasalah, jika tidak ada perubahan justru kemungkinan mobo sobat yang bermasalah.

      Referensi: http://forum.chip.co.id/archive/index.php/t-175005.html

      Delete
  5. kak mau nanya, kalo misalnya saya PC saya RAM nya sekarang 2GB, mau ditambah supaya 4GB, teus apa tinggal beli RAM 2GB, atau gimana? mohon sarannya kak.
    merk RAM PC saya: Kingston KVR667D2N5 DDR2 2GB, dan typenya: 2.00 GB Single-Channel DDR2 @ 301MHz.
    tolong kasih tau juga merek yang masih ada dipasaran ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dilihat dari spesifikasinya mungkin ram sobat tidak support dengan fitur dual channel, jadi kalau sobat menginginkan fitur dual channel, sobat harus beli dua keping ram baru.
      tapi kalau sobat hanya ingin menambah kapasitas memorynya, sobat bisa langsung membeli 1 ram saja dengan spesifikasi DDR2 301MHz, untuk kapasitasnya terserah sobat...

      Delete
  6. Misal nih ya RAM A ( bawaan pabrik ) PC12800 digabung dengan RAM B ( misal VISIPRO ) PC12800 nimbulin crash gak ? Dual Channnel nya aktif gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau motherboardnya memiliki fitur dual channel, setahu saya tetep aktif bro meskipun merknya beda. Tapi, karena merknya berbeda maka kemungkinan besar jenis IC yang digunakan berbeda. Jika demikian adanya, biasanya dual channelnya kurang stabil.
      Ada beberapa kasus yang awalnya dual channelnya nyala, tapi setelah beberapa mingu/bulan tiba" fitur dual channelnya mati.

      Delete
    2. bang deny, pertanyaan saya serupa juga dengan diatas bang, tolong dijawab kalau ram 1 gb bawaan pabrik (Elpida, PC10600) + ram 2gb, beda ukuran ini gimana...?

      kalau beda merk, merk apa yang bagus ya gan..? Sandiskk atau Visipro ga,mohon dibantu..

      Delete
    3. coba sedikit membantu ya sob. setahu saya, yang namanya dual channel itu spesifikasi memory harus identik, meskipun merknya berbeda tidak jadi masah, yang penting, size, clock/frekuensi, dan bandwith sama...

      kalau menurut saya pribadi, saya lebih suka yang visipro/v-gen...hehehe
      tapi ya terserah agan senengnya yang mana...

      semoga dapat sedikit membantu...

      Delete
  7. halo, mau nanya nih gan... ane skg pakai ram dual chanel G.skill identik 2x2gb pc.12800. nah ini lagi ada RAM eagle nganggur tapi pc.10600. 2GB.
    kira-kira kalo ane pasang ram eagle itu gimana ya??
    1. fitur dual channel nya tetep jalan gak?
    2. terus klo fiturnya mati, kan kapasitas ram ny nambah jadi 6gb... itu performany lebih bagus mana? 4gb dgn fitur dual ato 6gb standar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya pribadi ya pilih 6GB standart sob, soalnya setahu saya dual channel itu lebih unggul jika dibandingkan dengan ram yang total kapasitasnya sama.
      kalau dibandingkan dengan yang sizenya lebih gede gitu saya juga kurang yakin kalau bisa menang, apalagi bedanya 2GB gitu.
      tapi kalau sobat ragu, saran saya ya.....
      "BANDINGIN SAJA"
      sobat coba pemakaian antara 4GB dual dengan 6GB standart, cepetan yang mana, setelah itu sobat putuskan sendiri mau pake yang mana...
      kalau mau nge-test standart, sobat bisa pake "WIndows Experience Index" yang ada di properties-nya my computer, kalau mau yang lebih spesifik sobat bisa cari toolnya di mbah google banyak kok, atau kalau gk mau repot bandingin aja pake feeling. pake buat main game-game berat dan rasakan perbedaannya..hehehe
      oke sob..
      CMIIW

      Salam Blogger!

      Delete
    2. ok terima kasih balasannya.. iya saya sudah coba pakai ke 6GB..
      hasilny yg saya dapat untuk browsing dengan tab super banyak sangat2 bermanfaat,,, (minimal tab browser 20++). dan sambil buka game flash facebook 3 sekaligus bersamaan...
      kalo dulu di RAM 4gb klo mau buka2 tab2 yg ud lama(2-3jam) agak butuh waktu untuk tampil(bukan reload dr browserny)
      sekarang RAM 6gb serasa lebih lega.. main game sekali 3 gk pernah crash... nicee...
      tapi berhubung saya pakai windows 32bit.. (yang hanya suport RAM 3,2 saja) akhirnya saya tweak bikin double kernel supaya bisa baca 6Gb tanpa ada yang terpotong.hoho...

      Delete
    3. oke sob, sama-sama...
      makasih juga nih atas hasil reviewnya...
      btw, nice info juga nih sob, saya malah baru tau kalau ada teknology double kernel... ^^
      soalnya biasanya kalau RAM di atas 4GB saya selalu migrasi ke 64bit... :hammer
      Makasih sob atas share ilmunya, kapan-kapan tak bikin artikelnya...
      Maklum artikel mampet, bingung mau posting apaan yang unik... :D

      Delete
    4. Makasih bang Deny, ane dr tadi nguping, heheh..soalnya lagi punya msalah sama..makasih ya bang, luph u..heh

      Delete
  8. Bagus Om, ane mau tanya lptop ane dri sananya pake RAM ddr3 PC 10700 1GB mau tambah ram yang 2 GB tapi cari2 cuma nemu yang ddr3 PC-10600 pertnyaanya apa bisa digabungin kedua ram tsbut ? atau harus milih satu ? trus bagus-nya gmna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau emank gk ketemu mau gimana lagi sob, gabungin aja, gpp kok, tetep bisa...
      cuma fitur dual channelnya gk aktif... :D
      tapi aku yakin dengan spek kayak gitu udah kenceng kok tuh lapy larinya... :D

      Delete
  9. mohon maaf, saya mo tanya mas, ni pake pc a10 6800k. ram corsair pc3-10700 (667 mhz) cmv4gx3m1a1333c9, klo mo pake dual chanel gimana mas? dan mohon saran, trims atas pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sobat pengen dual channel, sobat harus membeli ram/memory baru dengan spesifikasi dan kapasitas yang sama dengan yang sudah sobat miliki saat ini seperti penjelasan di atas. entah processor apapun yang sobat gunakan, yang penting ram-nya identik maka fitur dual channel akan aktif.
      dengan catatan, motherboard yang sobat gunakan saat ini harus sudah mendukung teknology dual channel tsb...

      Delete
  10. Berarti laptop ane cuma punya satu slot ram donk kan single Chanel..???
    Bingung ane,soalnya gak berani buka back covernya,laptop ane lenovo g460

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu sob, soalnya setahu saya, semua motherboard entah desktop maupun laptop, pasti punya setidaknya 2 slot memory. Bisa saja di laptop sobat punya 2 slot, tapi baru terpakai satu. Atau kemungkinan lain, ada 2 slot memory, tapi motherboardnya tidak mendukung fitur dual channel, jadi meskipun nantinya sobat memasang 2 ram yang identik, tetap saja tidak bisa menggunakan fitur dual channel. Tapi kalau saya lihat dari spesifikasi laptop sobat, kayaknya bisa dual channel, coba aja dateng ke tempat service terdekat.

      Memang tidak disarankan untuk membongkar laptop sendiri jika belum berpengalaman kecuali kalau nekat pengen belajar, soalnya ukuran partnya kecil-kecil, dan kalau sampai rusak lumayan mahal beli partnya.
      Jadi saya sarankan kalau sobat pengen upgrade ram, lebih baik konsultasi langsung ke tempat servis terdekat. Kalau bisa ke tempat servis yang bagus, karena gk semua teknisi ngerti masalah dual channel.

      Disitu sobat bisa minta tolong buat melihat langsung spesifikasi hardware sobat, apakah masih ada slot memory yang kosong dan apakah motherboardnya mendukung fitur dual channel. Kalau memang bisa, sobat tinggal membeli ram baru yang identik sesuai penjelasan artikel di atas.

      CMIIW

      Delete
  11. mau tanya kak.
    mungkin agak konyol dan simpel nih :v

    misalkan saya beli RAM dengan spect 2GB DDR2 PC-6400 dengan 2 keping.
    lalu sayang pasangkan pada MOBO, dual channelnya itu bakal fungsi? atau tetap terhitung single channel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mobonya sobat support dual channel, harusnya sih bisa sob...
      kalau misalnya gk bisa, mungkin ada yang salah sama ram.nya, atau mungkin mobonya sobat gk support...

      Delete
  12. mau nanya bro...kalo dah terlanjur crash pada setting dual ramnya, bisa dibenerin gak???
    mohon dibantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, saya kurang ngerti troubleshoot dual channel gan. jujur saya sendiri juga belum pernah nyoba secara langsung tuh fitur dual channel, saya cuma ngumpulin referensi dari forum dan juga nyobain di lapy temen saya.
      tapi selama saya nyobain di lappy temen, belum pernah terjadi crash, jadi kurang begitu ngerti troubleshootnya.

      mungkin sobat bisa menjelaskan lebih spesifik crashnya kayak gimana kronologinya...

      Delete
  13. nanya dong gan, lapie saya asus N43S, RAM DDR3 4GB PC10700 (667MHz), saya mau tukar dengan corsair 2x4GB DDR3 PC12800 / PC10600, apakah kompatibel gan dan tidak menimbulkan masalah? (intinya saya mau upgrade RAM menjadi 8GB dg cara memakai yang 2 keping 4 GB sekaligus, karena spek RAM yg lama tidak ada dg merek corsair)

    ReplyDelete
  14. menyambung pertanyaan diatas bro, apakah jika saya pakai 2x4GB DDR 3 PC 10600, saya akan mendapatkan dual channel?

    Thanks be 4 mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jawab disini sekalian ya sob...
      kalau saya lihat dari spesifisikasi lapy sobat, sepertinya sudah support fitur dual channel tuh...
      sumber: https://www.asus.com/Notebooks_Ultrabooks/N43SL/#specifications

      masalah ukurannya tidak masalah sob, mau pake 2x4 GB DDR 3 PC12800 ataupun yang PC10600 sama-sama bisa...

      syarat terpenting dari dual channel adalah:
      1. motherboard+processor harus support dual channel
      2. spesifikasi ramnya harus sama persis, jadi kalau misalnya sobat udah punya 4GB DDR3 PC12800 gj bisa digandengin sama PC 10600, jadi harus sama, dan kapasitasnya pun juga harus sama, pokokny sama persis deh, tapi kalau merknya optional, boleh sama boleh enggak, tapi lebih recomended yang merknya sama, dan yang ke-
      3. sobat harus punya budgetnya...hehehhe ^^v

      Delete
  15. bro saya niatnya mau beli mobo asus F2A55-M LK PLUS, itu kan dual chanel. kalo saya isi ramnya dengan Visipro-SODIM PC12800 DDR3 4GB, trus kalo punya duit lg saya belikan merk yang sama persis apakah bekerja dengan baik bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau spesifikasinya sama, saya yakin seharusnya bisa gan...
      jadi kalau agan beli lagi, ya yang sama-sama PC12800 DDR3 4GB juga...

      Delete
  16. Bro ini klo misalnya ram DDR3 4GB yg 12800 sm 10600 di 1 motherboard bisa gak sih? Soalnya ini saya coba mlh gak bisa. Merek sama2 v-gen

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya bukan merknya gan, tapi spesifikasi ramnya...
      meskipun merknya beda, kalau spesifikasinya sama, misalnya sama-sama DDR3 4GB PC12800 atau sama-sama DDR3 4GB PC10600 masih ada kemungkinan besar bisa dual channel sob...
      tapi kalau spesifikasinya aja udah beda, mau merknya sama ataupun belinya d.toko yang sama, ya tetep aja gk akan bisa sob...
      semoga jawaban saya membantu...

      Delete
  17. maaf gan mau tanya ini spek ram laptop saya
    Memory slots
    Total memory slots 2
    Used memory slots 1
    Free memory slots 1
    Memory
    Type DDR3
    Size 2048 MBytes
    Channels # Single
    DRAM Frequency 665.3 MHz
    CAS# Latency (CL) 9 clocks
    RAS# to CAS# Delay (tRCD) 9 clocks
    RAS# Precharge (tRP) 9 clocks
    Cycle Time (tRAS) 24 clocks
    Command Rate (CR) 1T
    Physical Memory
    Memory Usage 85 %
    Total Physical 1.86 GB
    Available Physical 270 MB
    Total Virtual 3.71 GB
    Available Virtual 913 MB
    Number Of SPD Modules 1

    ane mau tanya:
    1. kalau ditambah ram 4 gb jadi dual channel ngaruh ke laptop gak?
    2. mendingan ane tambah 4 gb jadi 2 gb + 4 gb atau mendingan (2 x 2 gb)?
    3. itu masuk ke jenis pc 10600 atau gak?
    Thank's before

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. punya sobat itu kan 2GB, kalau dikasih 4GB ya gk bakalan dual channel...
      2. tergantung keinginan sobat sih, pengen dual channel apa kagak, tapi kalau menurut saya pribadi mungkin lebih baik nambah 4GB aja, meskipun jadinya gk dual channel, tapi kalau size ram.nya lebih gede kemungkinan besar bakalan lebih cepet, asalkan processornya sobat juga mampu mengimbangi. mekipun size.nya berebeda lebih disarankan untuk menggunakan yang frekuensinya sama...
      3. kalau pengen tau pc berapa, mending agan lihat langsung aja di RAM.nya...
      kalau di lapy biasanya bisa dilihat di belakang, tinggal lepas beberapa sekrup udah bisa dilihat tuh spek RAM dengan jelas... CMIIW

      Delete
  18. mau tanya, laptop saya Acer Aspire 4732z dari bawaannya 1gb DDR2 PC5300, mau ditambahin sama 2gb DDR2 PC6400 bisa ngga gan ? mohon bantuannya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja gan...
      cuman kan kalau gk salah itu kan model lama, yang saya yakin belum support Assymetrical Dual Channel, jadi kalau agan tambahin ram dengan frekuensi yang beda, dia gk akan jadi dual channel...
      Tetep singgle channel 3gb dengan mengambil speed terendah dari pc5300(667Mhz)...

      Delete
  19. tambahan lagi, jadi gini :
    Laptop saya Acer Aspire 4732z
    bisa dual channel ngga ya ?
    ram bawaan DDR2 1gb PC5300
    nah pertanyaanya, saya mau beli DDR2 2gb PC6400.
    bisa ngga laptop saya 1gb pc5300 bawaan + 2gb pc6400 tambahan = 3gb ram saya ?
    klo gabisa, menurut agan gimana solusi terbaiknya ? agar laptop saya ram nya lebih kenceng ..
    beli dual kit DDR2 dimana sih gan ? saya nyari2 ga nemu aja. mohon bantuannya.
    trmksh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagian udah saya jawab di atas gan...
      kesimpulannya tetep bisa kok gan jadi 3gb, cuman gk akan jadi dual channel...
      ehm...
      kalau masalah kit 2gb saya juga kurang tau gan, coba cari d.online store aja...
      soalnya ddr2 sekarang udah mulai susah carinya...
      kebanyakan ya kit ddr3...

      Delete
  20. di spesifikasi buku manualnya ada tulisan gini ,
    memori sistem : - Dukungan Dual Channel
    - Memori DDR2 667 MHz hingga 2 GB, kemampuannya dapat
    ditingkatkan hingga 4 GB menggunakan 2 modul soDIMM
    itu artinya apa ya gan ?
    mohon jawabannya, trmksh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ane rangkum dimari aja ya gan jawabannya...
      maksudnya itu lapy.nya agan bisa support 2x2GB RAM DDR2 667 MHz...
      kalau mau dijadikan 3GB bisa bisa aja gan, tapi ya dual channel.nya gk bisa aktif...
      kalau mau dual channel, kedua RAM.nya ya harus sama, dari segi kapasitas, ukuran dan frekuensi/kecepatannya...
      kalau nyari yang KIT, setahu ane gk ada yang DDR 2, sekalipun ada pasti susah banget tuh nyari.e...
      yang banyak ya DDR 3...

      Delete
    2. oh ok thanks
      mau nanya lagi, klo ga dual chanel gitu gmn ? tp kapasitas 3gb nya masih berlaku kan, cuma jadinya singel channel ?
      terus klo bawaan 1gb pc5300, ditambah dengan 2gb pc6400 bisa ngga gan ?
      klo belinya ngga khusus untuk dual-kit, tp satu merek, sama pc, belinya berbarengan, bisa on dual channel ?

      Delete
    3. pertanyaan pertama, bisa saja gan...
      pertanyaan kedua, untuk persyaratan Dual Channel agan bisa lihat dan baca-baca di artikel atau komentar di atas, sudah sering saya bahas...

      Delete
  21. mas deni, saya juga ingin ikut bertanya ..langsung aja ke permasalahannya.

    Motherboard saya terdapat 4 slot RAM dengan 2 warna berbeda (2 slot orange & 2 slot kuning)..pertanyannya :

    1. Jika saya menggunakan RAM 2x4gb PC12800(1 paket pembelian) dipasang di slot warna orange, apakah berjalan fitur dual chanelnya ?

    2. Jika kemudian saya berniat menambah RAM lg, apakah saya harus membeli RAM dengan spesifikasi yg sama seperti yang saya ketik dipertanyaan no.1 atau harus membeli 4x4gb PC12800(1 paket pembelian) atau harus bagaimana ?

    sebelumnya saya ucapkan banyak trimakasih , mohon mas Deni memberikan pencerahannya.. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk mobo yang ada 4 slot memory, biasanya akan dipisah 2 slot 2 slot dengan warna kelompok masing-masing berbeda...
      Cara pasang 2 keping memory agar bisa dual channel yaitu dipasang masing-masing 1 keping pada setiap kelompok jadi tidak dijadikan dalam satu warna...

      2. Saya pribadi belum pernah mengalami penggunaan hingga 4 slot memory. Tapi kalau menurut saya pribadi kemungkinan besar keempat-empatnya harus identik. Kalau agan kurang yakin bisa nanya ke forum-forum hardware...

      Delete
    2. revisi itu gan.
      1. untuk dapet dual channel maka harus dipasang di warna yg sama.
      2. gak perlu identik gak apa apa gan, beda speed dan kapasitas gak apa apa selama RAMnya bisa singkron. (contoh gak singkron liat di komen bawah ada yg ngepost tiap 15menit mati). kalo agan nambah RAM dengan speed beda, maka akan jalan di kecepatan terendah. kalau agan nambah dengan KAPASITAS yg beda, maka ada 2 kemungkinan, bisa jadi Assymetrical Dual Channel atau bisa jadi Single Channel (apabila mobo gak support Assymetrical Channel). kalau ditambah dengan KECEPATAN dan KAPASITAS yg beda, maka ya bisa jadi assymetrical dual bisa juga single dengan jalan di kecepatan terendah.

      Delete
    3. Walah, berarti malah ane yang gk update nih gan...
      Soalnya ane cuman nyoba yang identik...
      Soalnya dari ane baca-baca di forum kebanyakan gk bisa, tapi kalau emang ada teknologi assymetrical itu mungkin aja sih...
      ane soalnya baru denger tuh teknologinya...

      Kalau revisinya ane setuju banget gan...
      Maaf ane dulu khilaf...
      yang bener emang di warna yang sama...
      Salam blogger gan!!!

      Delete
  22. Komputer saya support "DUAL CHANNEL DDR3 MEMORY TECHNOLOGY"
    Lebih mending RAM 2 x 2Gb (identik) atau RAM (1 x 2Gb) + (1 x 4Gb) ???? Mohon pendapatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat-lihat spec memorynya dulu gan...
      Soalnya kapasitas lebih gede juga gk lebih mastiin cepet...
      Coba dilihat dulu Frekuensi memorynya...

      Tapi kalau misalnya semua memory yang disebutkan di atas frekuensinya/speednya sama, ane pilih yang 1x2gb+ 1x4gb gan...
      Mayan nendang tuh beda 2gb... ^_^

      Delete
    2. speed beda tetep bisa jalan gan (kalau ram nya bisa singkron).
      ambil aja 2gb+4gb. KALAU mobo agan support Assymetrical Dual Channel. ntar bakal jadi dual channel. kalo engga support ya bakal jadi Single Channel.
      dengan memakai speed terendah dari kedua ram.

      Delete
    3. wih, ane malah belum pernah denger tuh gan masalah Assymetrical Dual Channel...
      Makasih buat ilmunya...

      Delete
  23. komp saya sekarang menggunakan ram kingstone 2gb ddr3 1333 single channel,,kalo mau ditambah lagi ram yang sama (kingstone 2gb ddr3 1333 single channel),,sehingga total 4gb, apa bisa jalan di dual channel??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup(dengan catatan Motherboarnya support dual channel) CMIIW

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Gan mau tanya,
    Ane pny pc jadul dgn ram ddr 2 pc6400 1 GB merk dolgix, running lancar.
    Kmrn ane beli ram baru buat nambahin kapasitasnya, merk vgen ddr 2 pc6400 1 GB dan lsg dipasang.

    Ane cek dibios sama di cpu-z kedetect tuh, ram jadi 2GB. Kira-kira 15 menitan, tiba2 pc mati sendiri.

    Ane nyalain lagi, bisa... Tapi 10 menit kemudian mati lagi. Ane pikir ram yg baru rusak. Jadi ane tes, copot ram yg lama dan pasang ram baru, eh bisa running normal.

    Pertanyaannya, knp klo ram dipasang bareng malah mati, sedangkan klo cuma salah satu bisa nyala normal?
    Adakah settingan dibios atau trik supaya ram bisa dipake barengan? Mubazir soalnya ram ane..

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpel. RAMnya yg dolgix sama vgen gak singkron.
      jadi harus direlakan salah satu. hahaha

      Delete
    2. Coba d.cek frekuensi ram.nya gan...
      kalau gk sama kemungkinan mobonya gk support Assymetrical Dual Channel kayak yang dijelasin agan mustam ir pada komen" di atas...

      Delete
  27. Gan kalo ram d tambah 2gb + 4gb =6gb...apa kuat motherboardnya...procinya apa kuat jg...tp ramnya beda merk...laptop ane lenovo g405s

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beda merk mungkin frekuensinya beda gan...
      coba dilihat di label ram.nya xxxxMhz...
      kalau frekuensinya beda di kebanyakan kasus ramnya gk akan singkron...
      kalau masalah procy ane rasa masih bisa setara kok...
      saran ane sih beli ram yang kapasitas dan frekuensinya sama aja, untuk menghindari gagal singkron yang bisa bikin lapy agan gampang crash...

      Delete
  28. gan..MOBO ane RAM nya 2GB slot nya ada 4 (putih dan biru)...memory ane yang 2 keping masing2 1GB di MOBO ane tertulis Dual Channel yaitu DDR2 1066 dan DDR3 1333...nah ane mao pasang lagi masing2 (2 keping) 1GB yg DDR2 ....kira2 bisa gak yah..? karena slot putih dan birunya berbeda (yang biru bagian gak berlegok atau yg gak berlubang ada di pinggir sedangkan yang putih ada di tengah) itu gmn gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagian yg berlegok itu membedakan antara DDR2 dan DDR3 gan.
      gak bisa gan. kalo mau ditambah ya 1GB DDR2 + 1GB DDR3.
      ntar jadinya 2xDual Channel

      Delete
    2. Betul yang dibiliang agan mustam ir...
      Kalau yang garis pembatasnya agak di tengah itu DDR2, yang agak kesamping DDR3.
      Dari cerita agan kan yang udah agan punya ada 2 macem, 1x1GB DDR2, satunya 1x1 DDR3, ya kalau agan mau nambah beliin aja 1GB DDR2 dan 1GB DDR3, ntar jadinya 4GB...

      Delete
  29. Bro bisa ndak dalam satu pc dikasih empat ram yang sama dan identik? saat ini ram saya DDR 2 1 giga (2x 512 MB) mau nambah dua lagi dengan kapasitas dan banwith yang sama.. setelah saya cek di mobo saya ada empat slot ram 2 warna merah dua warna biru, tapi semuanya tipe ddr 2... di tunggu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dan identik toh??? BISA BANGET!!!
      ntar jalan di 2xdual channel

      Delete
    2. Setuju sama agan di atas...
      Bisa gan...

      Delete
  30. Sy pke corsair 4gb klo mau tmbh mending 4gb 3 keping jd full slot atau 2x4gb * 2 keping?
    1. 4 slot 4gb=16gb
    2. 2 slot 2x4gb +4gb=20gb nah yg 4gb na bikin crash gak klo d pasang?
    Dual channe msh ttp fungsi?
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari opsi nomer 2 ente berarti ane asumsikan minimal slot ram ente ada 6.
      nah ada 2 KEMUNGKINAN.

      PERTAMA, apabila slotnya 2slotx3 (yg warnanya sama masing masing 2 slot). kalo pake opsi nomer 1, maka akan jadi 2xDual Channel. kalo pake opsi nomer 2, maka akan jadi 2xDual Channel + 1xSingle Channel (dengan pemasangan yg benar).

      KEDUA, apabila slotnya 3slotx2 (yg warnanya sama masing masing 3slot). kalo pake opsi nomer 1, maka akan jadi 2xDual Channel (dengan pemasangan yg benar). ATAU 1xTriple Channel + 1xSingle Channel (dengan pemasangan yg benar). kalau pake opsi nomer 2, maka akan jadi 1xTriple Channel + 1xDual Channel ATAU 2xDual Channel + 1xSingle Channel.

      kalo MOBO ente kuat + kantong kuat mending pake OPSI NOMER 2 YANG 1xTriple Channel + 1xDual Channel.

      Delete
    2. Sejujurnya saya kurang paham dengan kasus mbak, kalau berkenan mungkin bisa dijelaskan lebih detail...???
      ada berapa slot memory di mother board, warnanya apa saja, dan yang udah dimiliki sekarang ramnya apa...???
      Saya belum berani jawab, karena belum jelas kasusnya...
      Semoga jawaban dari agan mustam ir di atas bisa menjawab pertanyaan mbak...

      Delete
  31. mas laptop saya mengadopsi dual channel ram lama ddr2 2gb pc 6400 667mhz..

    kalo ku kasih ddr2 1gb pc 5300/6400 667 mhz bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa!
      ntar kalo dipasang 2gb+1gb jadinya jalan di 1xAssymetrical Dual Channel apabila mobo agan sudah mendukung teknologi Assymetrical Channel. apabila belum, maka akan jalan di Single Channel.
      Jalan pada single maupun dual channel, kecepatannya akan disesuaikan ke kecepatan ram terendah.

      Delete
    2. Okey, sudah terjawab...
      Semoga berhasil gan... ^_^

      Delete
  32. nambahin dikit nih dari artike diatas.
    RAM dengan SPEED dan KAPASITAS yang beda akan tetap bisa berjalan apabila RAM nya BISA singkron yg satu dengan yg lainnya.

    apabila dipasang 2 atau lebih RAM yang memiliki SPEED BEDA dan KAPASITAS sama, maka akan jalan dengan speed terendah dengan konfigurasi dual channel/triple channel/quadruple channel. (apabila pemasangan ram benar)

    apabila dipasang 2 atau lebih RAM yang memiliki SPEED sama dan KAPASTITAS BEDA, maka akan jalan dengan konfigurasi :
    1. Apabila MOBO mendukung ASSYMETRICAL CHANNEL, maka akan jalan di settingan ASSYMETRICAL dual/triple/quadruple channel.
    2. Apabila MOBO tidak mendukung ASSYMETRICAL CHANNEL, maka akan jalan di SINGLE CHANNEL.

    apabila dipasang 2 atau lebih RAM yang memiliki SPEED dan KAPASITAS yang berbeda, maka akan jalan dengan konfigurasi :
    1. ASSYMETRICAL dual/triple/quadruple channel dengan speed terendah.
    2. SINGLE CHANNEL.

    penjelasa diatas dengan ASUMSI RAMnya singkron dan bisa jalan bersamaan walaupun BEDA MEREK dan BEDA IC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan:
      ASSYMETRICAL CHANNEL itu penjelasan gampangnya adalah
      JIKA agan punya RAM 4GB + 2GB, maka akan jalan 1xASSY DUAL CHANNEL dengan 2GB awal pada dual channel dan 2GB (pada RAM yg 4GB) sisanya pada single channel.
      JIKA agan punya RAM 4GB + 2GB + 1GB, maka akan jalan 1xASSY TRIPLE CHANNEL dengan 1GB(dari yg 4GB) + 1GB(dari yg 2GB) + 1GB (dari 1GB) ditambah 1xASSY DUAL CHANNEL 1GB (dari 4GB) + 1GB(dari yg 2GB) dan sisanya yg gak punya pasangan pada SINGLE CHANNEL.
      JIKA agan punya RAM 8GB + 8GB + 4GB, maka akan jalan di 1xASSY TRIPLE CHANNEL pada 4GB awal dan 1xASSY DUAL CHANNEL pada 4GB berikutnya.
      and so on....

      Delete
    2. sumber: pengalaman peribadi

      Delete
    3. tambahan lagi.
      untuk tau RAM yg satu dengan RAM yg beda merek dan beda IC bisa singkron apa engga ya satu satunya cara ya cuma di TEST langsung.
      Jadi kalo mau main aman ya paling engga cari yang SATU MEREK dan SATU TIPE dan SATU merek IC walaupun BEDA SPEED dan BEDA KAPASITAS.

      Delete
    4. SATU TIPE maksud ane misal CORSAIR dengan kode awalan CMSOxxxxxxx ya dengan sesama CMSOzzzzzzz.

      Delete
    5. tambahan
      nama lainnya ASSYMETRICAL CHANNEL kayak diatas adalah FLEX CONFIGURATION

      Delete
    6. TAMBAHAN PENTING.

      CORRECT ME IF I AM WRONG.
      sama tambahin kalo misalnya ada kejadian yang berbeda dengan pengalaman ane. SIP SIP

      Delete
    7. ASYMMETRICAL
      bukan ASSYMETRICAL
      hehe hehe

      Delete
  33. gan... saya punya RAM A ( PC 12800 - 800 Mz ) dan RAM B ( PC 10700 - 667 MHz ) kedua nya punya kapasitas masing2 2 GB... klu kedua nya saya pasang di notebook yg mendukung 2 chanel....ada efek ny g gan?? tks sblm ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas ada penjelasan dari agan mustam ir, semoga bisa membantu, nantinya akan saya update(revisi) ke dalam artikel...

      Delete
  34. gan mau tanya nih, ane punya ram vgen 2gb ddr3 12800 chip samsung m378b5773sb0 (cl11) :
    1. kenapa di mobo ane, asrock h61m-vs3 di cpu z hanya berjalan di cl 7 ya 532,1 Mhz 7-7-7-19 (set auto di BIOS, mobo support 12800)?
    2. rencana ane mau nambah ram merk lain, kingston 4gb chip elpida KVR1333D3N9/4GKC atau visipro 4gb chip hynix H5TQ2G83CFR. menurut ente lebih cocok yang mana?
    tq sebelumnya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau agan set auto, ada kemungkinan speed ram agan juga akan jadi dinamic, artinya akan berubah speed sesuai dengan kebutuhan sistem. Kalau pas sistemnya kerja berat dia akan naik dengan sendirinya sampai batas maksimum kecepatan ram agan...
      2. Wah, ane belum mendalami masalah chip ram gan. Maklum sekarang udah pindah haluan dari hardware ke sofrware...hehehe
      Nanti saya coba bantu research, dan saya updatekan ke dalam artikel...

      Delete
  35. gan ane mau tanya kan motherboard ane merk asus terus ane pake ram elixir 4gb 10600 1. kalo misalnya ane tambah ram mending tambah pake merk lain atau pake merk elixir lagi
    2. terus kalo tambahnya mending 2 gb atau 4 gb
    3. kalo misalnya ane tambahnya pake merk visipro apakah akan crash atau engga ya ?
    Makasih gan
    http://teknologi-informasi.net/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau diintip di site.nya kayaknya ilmu agan lebih luas nih dari saya...
      saya coba jawab ya gan, semoga gk salah...
      kalau setahu saya gk masalah tentang merknya, yang yang jadi perhitungan adalah teknologi mobo, frekuensi ram dan size ram...
      di atas sudah ada penjelasan rinci dari agan mustam ir, nantinya akan saya update ke artikel, semoga membantu...

      Delete
  36. Gan ram lepi ASUS VIVOBOOK S550CB saya merknya elpida 4gb 1rx8 pc3-12800s-11-10-b2. saya mau nambah dari 4gb jadi 8gb, dengan cara nambah 4gb lagi. nah saya cari dimana-mana susah nyari ram elpida yg baru. kalo saya nambah dengan merk kingston atau yg lainnya dengan spec yang sama, performanya bakal bagus gak?
    oh iya kalo agan punya link tempat jual ram elpida mohon di share ya gan :) Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya gpp kok gan meski merknya gk sama, tapi usahakan size dan frekuensinya sama, untuk menghindari ketidak sinkron.an antar ram...

      Delete
  37. spek PC
    - mobo sy ada 4 slot ram, max ram up to 4gb
    - skrg pc sya pakai ram A-DATA 1gb+1gb pc6400 (kembar) Jd total 2gb muncul dual chanel

    pertanyaannya
    -sya mau nambah ram jadi 4gb
    slot 1 = adata 1gb pc 6400
    slot 2 = adata 1gb pc 6400
    slot 3 = kingstone 1gb pc 6400
    slot 4 = kingstone 1gb pc 6400

    itu bisa gk? dan muncul dual chanelny gk?

    ReplyDelete
  38. permisi gan mau nanya
    1.jika pada motherboard terdapat 4 slot ram apakah bisa memasang ram 2 dual channel ke 4 slot ram tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek spesifikasi mobo ny dulu aje bro di website, klw support dual chanel brarti bisa, dan syarat ny itu ram ny harus sama identik. ane sih beli terpisah, vgen 8gb 10600 /133mhz nah belom lama ane beli lagi vgen yg sama jalan dual channel ny, walau ram yg ke dua IC ny cmn 1sisi aj sedangkan ram yg pertama IC ny kedua sisi ad semua, dan sejauh ini belom ad error, d pake buad maen game berad jg no problem. mungkin karena 1 merek walau beda jumlah IC

      Delete
    2. Setuju sama agan yang di atas, coba agan searching spesifikasi mobo agan...
      kalau mobo agan udah support dual channel, tentu bisa....

      Delete
  39. udh ga dijawab lg ya... pdhl mw nanya niy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan, kemarin lagi vacum nge-blog...
      Sesi pertanyaan sudah dibuka kembali...bweheehehehehhe :D

      Delete
  40. gan mau tanya
    ram ane samsung 2gb ddr3 pc 12800
    trus mau ane tambah kingstone 2gb ddr3 pc 12800
    itu kira2 gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gk gimana" gan...hehehe...
      bisa aja kok gan, kalau mobo agan support dual channel ya jadi dual channel, kalau gk ya tetep singgle channel...
      tapi setahu saya kalau mobo udah support sampe pc12800 biasanya juga udah support dual channel...

      Delete
  41. nanya, nanya
    laptop ane, pkek RAM 2gb DDR3
    pertanyaannya
    apakah semua merk RAM DDR3 bisa masuk ke semua merk laptop??
    NYIMAK

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah masuk sih bisa bisa aja gan...
      kan semua slot ddr3 itu sama...
      yang jadi kebanyakan masalah itu frekuensi ramnya...
      ada beberapa yang lancar" aja dengan frekuensi yang beda, ada juga yang malah sering mati/restart sendiri setiap beberapa menit...
      tergantung teknologi yang diusung sama mobonya agan aja dah... :D

      Delete
    2. oia gan, sedikit tambahan...
      ram lapy sama desktop beda loh ya.... :D

      Delete
  42. gan ram DDR2 ma DDR3 bisa digabung ga ! coz mobo saya slot ram nya bisa DDR2 ma DDR3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm...
      Bentar gan...???
      Mobo agan ada berapa slot ramnya...???
      Tolong sebutin warna slotnya juga gan...

      Delete
  43. Permisi mz deny,
    Mau tanya, laptop saya i5 2430 M, RAM menggunakan bawaan 2gb PC3-10700 manufaktur Samsung + 2gb PC3-12800 manufaktur Nyundai Electronics,
    Dilihat dari RAM kurang sama, jika itu tidak bisa Dual, apakah laptop saya aman-aman saja?

    Tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melihat apakah lapy agan berjalan di dual channel atau tidak, agan bisa coba download aplikasi bernama CPU-Z...
      Setelah agan download, install, lalu buka. Masuk ke tab memory...
      Dalam group General, ada kolom Channels #, disitu akan ada keterangan apakah mobo agan sudah dual channel atau tidak...
      .
      Kalau masalah aman tidaknya, ini ceritanya udah berapa lama lapy agan di pasang kedua ram tersebut...
      Dalam beberapa kasus, kalau memang gk mau dan gk cocok, setelah agan pasang dan agan nyalain akan langsung ngefek gan...
      Kebanyakan langsung mati/restart setiap beberapa menit...
      Kalau sampe sekarang aman berarty mobo lapy agan sudah mendukung teknologi Assymetrical Dual Channel, penjelasan akan d.update berikutnya...

      Delete
  44. apa RAM 2 GB dengan RAM 4 GB bisa di dual channel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mobonya agan sudah mendukung teknologi asymmetrical dual channel bisa gan. tapi kalau mobonya agan belum support ya gk bisa gan, harus cari yang identik, meski merknya gk sama gpp...

      Delete
  45. Mau tanya mas... Ram ane 2gb.. Elpida 2gb ddr3 1600..
    Itu maksudnya gimana ya?
    Kalo biar jadi 4gb dan dual channel itu harus sama kaya ram yang punya saya?
    Saya nyari ram itu susah banget gan..

    Thx infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu artinya ram agan chipsetnya elpida, kapasitas 2gb, socket ddr3, bus clock 800Mhz, atau biasa disebut PC3-12800
      Jadi kalau mau bisa dual channel beli aja 2gb ddr 3 yang jenisnya PC3-12800...
      masalah merk terserah agan, yang tapi saya sarankan spesifikasi sama untuk menghindari masalah...

      Delete
  46. mas mau tanya nih pc saya pake ram DDR 3 pc-10600 trus saya beli lagi ni yang DDR 3 tapi yg pc-12600, dengan merek yang sama, apa itu malah bikin masalah atau gpp ??
    kalau misalnya malah timbul masalah baru mending saya tuker ke tokonya lagi mumpung baru beli 1 hari hehehe...
    makasih ya mas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya gan baru jawab...
      kalau misalkan spesifikasi mobo agan sudah support teknologi Asymmetrical Dual Channel bisa-bisa aja gan...
      Jadi saya sarankan untuk mengecek fitur mobo agan...
      Tapi kalau mau main ama mending disamakan saja spesifikasinya...
      Cari yang sama-sama pc 10600...
      Atau kalau agan mau beli yang 2x pc-12600 juga lebih bagus... ^_^

      Delete
  47. gan mau tanya nih,ram aye sizenya 4gb (2x2gb) nah kebacanya ntu cuma 2gb . sebenernya ram aye ntu 4gb atau 2gb ye ? ram merk patriot pake heatsing . makasih ye .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pake Windows 32-Bit ya...???
      Kalau iya coba agan upgrade ke Versi 64-Bit, soalnya di beberapa komputer/laptop, Windows versi 32-Bit hanya bisa baca sampai 2GB...

      Delete
  48. sorry gan,,, inyong mau tanya nih.. pnya inyong tu RAM singel cannel 4GB DDR3L 1600Mhz.. sudah bagus belum?? dan kalau di rombak enaknya gmn? dual cannel kah / tetep sinngel cannel??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat ane pribadi sih itu udah kenceng gan...
      Kalau mau lebih ngebut ya beliin aja lagi yang 4GB DDR3 1600MHz juga biar bisa full Dual Channel... :D

      Delete
  49. Jadi kalo motherboard cuma support single channel udah gak bibsa ditambah lagi ya? :|

    Kasian banget laptop ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi solusinya cuma gantiin dengan RAM baru yang kapasitasnya lebih besar ya bro?

      Delete
    2. Iya gan...
      Meskipun gk dual channel, menurut ane juga masil lumayan kok kalau size.nya digedein...

      Delete
  50. Gan mau nanya nih bgus RAM Samsung 2 GB (800 Mhz) Bawaan ditambah RAM V-Gen 2 GB (800 Mhz) tambahan
    bsa aktif gk dual channel nya?
    akan terjadi crash atau gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa gan...
      Meskipun beda merk, asalkan spesifikasi (size dan frequency) sama, kemungkinan crash sangat kecil...

      Delete
  51. Mas leppy saya kan rusak trus saya ambil tu ram nya d tambahin ke leppy baru..tp gk kebaca,,prtanyaan saya aman gk tu kalo di biarin nancep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk kebacanya gimana gan...???
      RAMnya di laptop baru berapa GB...??
      Terus RAM tambahannya berapa GB...???

      Delete
  52. Gan mau nanya...
    spec PC
    mobo GA-F275M-HD2
    cpu AMD A4-4000
    vga Power Color hd6570 1gb128bit
    menurut agan mending pake Windows 7 yg 32bit/64bit...?
    terus misal saya pake Ram dual chanel 1gb-1gb apakah mampu mensupport untuk game" berat (Battlefield, Pes 2015 dll) minta saran dan rekomendasinya Gan...! tQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari spec yang agan sebutkan, kayaknya nanggung deh kalau cuman dikasih 2x1 GB...
      Karena spec CPU sama VGA agan itu lumayan bagus, kalau cuman dikasih 2x1 GB, kemampuan CPU sama VGA agan jadi gk maksimal...
      Saran saya mending ganti ke 2x2 GB aja...
      .
      Jadi untuk windows 7 nya pake yang 64-bit...
      Tapi tunggu dulu gan...
      Sebelum ganti ram ke 2x2 GB (4GB), terus upgrade ke windows 7 64-bit, agan coba dulu spec komputer agan apakah sudah support komputasi 64-bit apa belum...
      Caranya masukkan CD installer windows 7 64-bit ke CD-Drive, booting PC ke CD-Drive...
      Kalau proses bisa lanjut sampai ke tahan seperti gambar ini, berarti spec PC agan support...
      http://goo.gl/ilgJCG
      Sebenernya tanpa d.check pun PC agan saya rasa support kok, tapi ya buuat amannya aja... :D

      Delete
  53. gan, mau tanya. jika gw beli 2 ram single channel yang sama. bisa dijadikan dual channel tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya ram itu identik ya gan. sama percis maksudnya.

      Delete
    2. Bisa gan...
      Kan yang namanya dual channel itu bukan fitur dari RAM.nya, tapi fitur dari motherboardnya...

      Delete
  54. Gan ane mau tanya Nih:
    Laptop ane pnya 2 Slot Memory dan sudah terpasang Memory di Slot 1 Dengan Merk Elpida 4GB 1Rx8 PC3-12800S-11-10-B2
    Trus ane nemu ram nih gan dan ane pasang di slot ke-2 dengan Merk Samsung 4GB 2Rx8 PC3-10600S-09-10-F2
    Gimana tuuh menurut mas, Cucok gx tuuh buat Notebook ane???
    Thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke punya tuh gan...
      Pasti jadi super ngebut...
      Lapy ane aja cuman 4 GB.... T.T
      Coba d.cek d.BIOS gan, buat mastiin apakah dual channelnya sudah aktif...
      Meskipun spesifikasi RAM sama, untuk motherboard keluaran baru setahu ane udah bisa dual channel kok gan...

      Delete
    2. Gan ane baca komen yang di atas.. RAM dia kan
      1. Elpida 4GB 1Rx8 PC3-12800S-11-10-B2
      2. Samsung 4GB 2Rx8 PC3-10600S-09-10-F2

      nah pertanyaan ane..
      itu bisa dual channel?
      padahal yang 1 1Rx8 satu nya lagi 2Rx8
      udah gitu yang 1 PC3-12800
      yang 1 nya lagi PC3-10600

      menurut agan gmn?
      apa harus dua duanya 1Rx8/2Rx8
      dan sama2 PC3-12800 atau sama2 PC3-10600

      terimakasih

      Delete
    3. 1 lagi gan, yg dimaksud Chipset di RAM itu apa ya?

      Delete
    4. Untuk motherboard keluaran baru ada fitur yang namanya Assymetric Dual Channel, fitur ini memungkinkan 2 memory dengan spesifikasi yang berbeda bisa berjalan dengan dual channel...
      Untuk kasus di atas dimana memiliki speed yang berbeda, maka dual channel akan berjalan dengan mengambil speed terendah...

      Contoh serial number RAM bisa dilihat digambar ini. Di bawah barcode ada angka 204xxxxxxxxxx952....
      http://pad2.whstatic.com/images/thumb/9/97/Buy-RAM-for-Your-iMac-Step-2Bullet1.jpg/670px-Buy-RAM-for-Your-iMac-Step-2Bullet1.jpg

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. Terimakasih infonya, tadi jam 11 udah terlanjur beli... berhasil dual channel..
      hasil kayak di screenshot ini :D

      1. Ram bawaan laptop: Hynix DDR3 2GB PC-10600.
      2. Beli RAM Visipro DDR3 4GB PC-10600

      Sukses dual channel 6GB
      http://s25.postimg.org/861lbmw8v/dual_channel.jpg

      Penampakan Slot 1
      http://s25.postimg.org/751cmif9b/slot_1.jpg



      Penampakan untuk slot 2 (di CPU-Z kebacanya slot 3)
      http://s25.postimg.org/kagusm94v/slot_3.jpg

      Delete
    7. Wih...
      Mantep punya tuh gan...
      Ane jadi ngilerr... :D
      Setelah ane riset lagi ternyata gk cuman motherboard keluaran baru saja yang bisa Asymmetric Dual Channel...
      Tapi semua motherboard yang bisa dual channel bisa asymmetric...
      Sebenarnya assymetric ini fungsinya agar sistem bisa menjalankan ram yang memiliki spesifikasi berbeda agar bisa berjalan dual channel...

      Kalau dari kasus punya agan berarti dia akan berjalan Dual Channel 2x2GB + Single Channel 2GB... CMIIW

      Delete
    8. BTW maaf jawabnya lama... :D

      Delete
    9. Liat dual chanelnya aktif d bios gmna gan? apa ada di advance bios?

      Delete
  55. Perbedaan 1Rx8.PC3 dan 2Rx16.PC3..?

    Sy pnya laptop dengan RAM bawaan 2GB.1Rx8.PC3, tapi memiliki 2 slot ram. yang 1 nya masih kosong.
    Apa bisa sy pasangkan 2GB.2Rx16.PC3, sementara Bawaan-nya 2GB.1Rx8.PC3..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya juga kurang begitu paham dengan kode itu...
      Tapi sudah saya coba untuk browsing, tapi masih belum yakin dengan jawabannya...
      Jadi sebelum saya jawab, bisakan d.upload.kan foto dari ram yang 1Rx8 dan 2Rx16, dari kedua sisi depan belakang...

      Delete
  56. Dah sy pasang...
    2GB1Rx8.PC3.10600s + 4GB2Rx8.PC3.10600s
    Terbacanya Zise : 6GB, Channel : Dual, Tapi Pada DC Mode : Symmetric

    Perbedaan Pada DC mode-nya Kan ada tuh Unganged,Symetric,Ganged dan Asymmetric.?
    Bedanya Apa yah ...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya buatkan artikel di sini sob. Maaf ya lama gk aktif.
      http://komputerista.blogspot.co.id/2015/12/istilah-istilah-dalam-memory-dual-channel.html

      Delete
  57. ikutan nanya juga ya gan
    ram bawaan ane visipro 1 GB DDR2 PC 6400 SODIM rencananya mau ane ganti jadi v-gen 4 GB DDR3 PC 12800 SODIM. ane gak permasalahin single atau dual sih.
    jadi pertanyaannya
    1. DDR2 bisa Diganti ke DDR3 gak??
    2. dari 6800 bisa diganti ke 12800 gak?? kalo bisa ngaruh ke prosessornya gak soalnya msih core2duo gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan, saya bantu jawab ya, maaf udah lama banget, dan muungkin agan udah nemu jawabannya.
      1. memory ddr2 dan ddr3 memiliki socket yang berbeda pada bagian lengkungan di tengahnya, memang jika dilihat sekilas posisinya sama, namun jika agan perhatikan lagi, posisi lengkungan pada memory ddr3 lebih ke samping, jadi jika agan masukkan ke socket ddr2 tidak akan cocok.
      2. masalah itu tergantung dari spesifikasi motherboard agan, coba agan lihat merk dan tipe motherboard agan, kemudian search di google atau lihat langsung ke website resminya, biasanya akan ada penjelasan batas kemamupan kecepatan memory yang bisa dibaca.

      Delete
  58. permisi gan mau nanya :v ini spek lepi ane
    Notebook: Toshiba Satellite L745
    Processor: Intel Core i3 2310M
    Graphics Adapter: Intel HD Graphics 3000
    memori: 1gb sudah support dual channel
    nah gan ane mau nanya ntuh ram udah ane tambahin jadi 1gb+2gb lalu ane mau nambah lagi nih 4gb dan yang 1 gb ane cepot trus ane ganti 4gb jadi 4gb+2gb , lah pertanyaannya apakah cpu ane dapat ngehandle ram segitu takutnya nanti malah crash , maaf agak ngelantur tanyanya dan apakah udah cucot kalau ram segitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari yang saya tahu, secara dasar masalah maksimum kapasitas memory tergantung dari processor yang agan pake. agan bisa langsung cek ke website Intel.

      http://ark.intel.com/id/

      dari penjelasan di sana, untuk processor agan bisa nampung sampe 16GB. processor agan sama kayak laptop ane, i3 generasi ke 2.

      ane gk pernah nyoba di laptop, tapi udah nyoba langsung ke komputer ane. Processornya justru lebih tua gan,intel core 2 duo, ane pasang 2 keping memory 2gb dan 4gb dengan kecepatan yang sama, dan bisa berjalan dengan lancar.
      kalau core 2 duo aja bisa, harusnya sih i3 generasi ke 2 udah bisa.

      Delete
  59. Bagus gan informasinya.... Jarang sekali web komputer yang membahas tentang Dual Channel memory. Saya sendiri baru tau persis setelah membaca tulisan ini...\

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya gan.
      makasih juga atas kunjungannya.
      jangan bosen-bosen mampir ya gan.
      maaf kemarin-kemarin jarang online. :D

      Delete
  60. Gan saya pake Laptop ThinPad Lenovo L421
    1. Itu support Dual Channel gak ya Gan?

    Type 32-bit Operatin System

    2. Itu RAM Mentoknya 4GB ya gan? Misal ane pasang RAM diatas itu tetep aja kebaca Max 4GB gtu bukan ya? CMIIW

    Tulisan di RAM bawaan (ga ada merek) :
    2048MB DDR3-1333 SO-DIMM (PC3-10600)
    MT8KTF25664HZ-1G4M1
    2GB 1RX8 PC3L10600S-9-11-B2
    DPAB07C004
    Jadec : DDR3-1333
    PC3-10600 DDR3-1333 666MHz

    3. Informasi apa aja yang bisa didapet dari keterangan itu ya gan?

    4. Semisal emang mentok 4GB, lebih baik mana y gan saya beli :
    4.1. Corsair 4GB PC 10600 (DDR3) Dual Channel CMSO4GX3M2A1333C9 Rp.566.000,-
    4.2. Corsair 2GB PC 10600 (DDR3) CMSO2GX3M1A1333C9 / CMSO2GX3M1B1333C9 Rp.289.000,- (dipasang bareng RAM Bawaan)
    4.3. atau Agan ada Saran yang lebih Maknyus?

    Maaf banget saya bawel, mohon jawabannya secara lengkap dan ikhlas, terimakasih banyak,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. BTW terlalu semangat nanya, lupa bilang, makasih gan naice Inpoh, Naice Blog, dapet banyak Informasi yg sangar berguna dimari, makasih juga buat yang ngasih2 informasi tambahan,.. btw gan mau ngasih tambahan Opsi, apa baik :
      4.4. Apoge 2GB PC 10600 (DDR3) Rp. 105.000,-

      5. Itu ada spek sama merek beda, harga beda sampe Rp. 184.000,- kira2 bedanya dmn sih gan? Keuntungan apa sih yang aq dapet dari beli RAM Mahal spec sama? (lg bandingin sama opsi 4.2.)

      Delete
    2. 6. Apakah sudah support Assymetrical juga Motherboard saya?

      Delete
    3. sorry ya gan lama gk online. :D
      1. Kalau yang saya lihat dari spesifikasinya harusnya udah bisa gan, tapi kalau mau upgrade ke atas 3GB harus install ulang windows 64 bit ya, karena 32 bit gk support 4gb.

      2,3. Kalau dari spesifikasi itu, berarti ram punya agan DDR3, PC3-10600 dengan kecepatan/frekuensi 667Mhz. Jadi kalau agan mau nambah ram, bilang aja beli yang DDR3 pc-10600 atau bisa juga bilang 667Mhz, tapi lebih saya saranin pake yang pc 10600, karena di beberapa memory frekuensinya tidak dicantumkan.

      4. Bisa lebih kok gan, yang penting osnya agan harus ganti ke 64 bit, soalnya kalau masih 32 bit, yang terbaca hanya 3.39gb atau kadang malah 2.8gb.

      5. Masalah harga tentu beda tiap merk karena beda kualitas dari pcb dan ic yang dipake gan. Buat standart sih biasanya pake v-gen/visipro, kalau kelas berat bisa pake Patriot dan sekelasnya yang disampingnya ada heatsink.nya. Biasanya lebih awet, dan meskipun spek sama kadang performanya bisa beda. Spesifikasi kan hanya sebatas teori gan, kadang kenyataan bisa beda.

      Delete
    4. 6. Kalau masalah asymetric untuk beda frekuensi saya gk bisa jamin gan, karena saya gk pernah nyoba secara langsung. Kalau yang beda ukurannya saya sudah pernah nyoba langsung, bahkan di komputer yang lebih jadul (core 2 duo) dan bisa berjalan normal (2gb+4gb).

      Delete
  61. Mau tanya. saya punya Ram 8GB (4GBx2) . nah kalo saya buat Dual channel yang usable cuma 3.99GB, tapi kalo saya ubah ke single channel yang usable 8GB. apakah Dual channel memang begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bisa di atur penggunaan Dual Channel atau mau pakek Single Channel ya gan? di atur dmn ya gan?

      Delete
    2. bro berto windowsnya masih pake 32 bit ya? migrasi dulu ke windows 64 bit supaya kebaca 8gb

      Delete
    3. bener yang agan Anonymous sampaikan, untuk memory di atas 3GB disaranin install ulang ke 64bit gan, karena 32 bit gk support 4gb.

      Delete
  62. Jaman sekarang ini dual channel sudah wajib, beda rasa performanya. . Signifikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, ada yang bilang memang terasa bedanya, tapi kalau modalnya pas-pasan kayak saya ya cuman bisa bersabar gan...hehehe

      Delete
    2. gan mau nanya ini Ram saya single channel 2gb..terus mau saya tambahin 2gb single channel lagi
      Apa itu jadinya dual channel 2x2gb gan??? apa ga??
      Apa kalo ane mau Dual channel harus beli baru 2x2gb gitu? dan yg lama diganti?

      Delete
  63. gan mau nanya, Mobo Saya Asrock H61M-VS4, Windows 7 home edition 32 bit, kira-kira Ramnya bagusnya berapa ya? kalau 8G single channel apakah bisa? Kalau Dual Channel 4G apakah bisa? bagusan yg mana?

    ReplyDelete
  64. salamm... maaf agan2 semua.. saya mau nanya nih.. desktop saya mau tambah ram tp ga bisa..
    kemarin beli ddr2 pc 5300 tidak mau nyala.. kata toko computrnya cpu saya pc 4200 udah jarang dipasaran.. ahirnya q nyari ram second pc 4200.. setelah ada dipasang bisa nyala tp tdk kebaca.. yg kebaca cuma ram asli bawaanya.. ampe skrg blm ktemu solusinya.. mohon saran dong..
    trims

    ReplyDelete
  65. salamm... maaf agan2 semua.. saya mau nanya nih.. desktop saya mau tambah ram tp ga bisa..
    kemarin beli ddr2 pc 5300 tidak mau nyala.. kata toko computrnya cpu saya pc 4200 udah jarang dipasaran.. ahirnya q nyari ram second pc 4200.. setelah ada dipasang bisa nyala tp tdk kebaca.. yg kebaca cuma ram asli bawaanya.. ampe skrg blm ktemu solusinya.. mohon saran dong..
    trims

    ReplyDelete
  66. kunjungan perdana gan. ijin menyimak copas gan .,abguys nih ilmunya saya baru tahu nih. tks sdh share. saya pasang di link sahabat gan. sukses selalu

    ReplyDelete
  67. gan mobo saya kan quad channel , nah ram awal 2x2gb single channel smua , klo d tambah ram 4gb single channel apakah crash ? trus itu bsa kebaca ga ram yg 4gb ny jadi nambah 8gb gtu ?

    makasih sbelumny

    ReplyDelete
  68. gan cara ngecek mobo nya single atau dual channel gmn ya? maklum awam ahahha
    saya cek pake CPU-Z di channelnya gak ada keterangannya.
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  69. gan spek Pc ram ane >2.00GB Single-Channel DDR3 @ 531MHz (7-8-8-20) mo ditambah
    OCPC BLADE DDR3 PC12800 1600Mhz CL11 4GB bisa gk gan? Berjalan tidak gan?

    Mohon pencerahannya dan terima kasih
    Maklum Newbie

    ReplyDelete
  70. Bro, pc saya udah terpasang ram visipro pc12800 4gb ddr3 1 keping, kira2 kalo ditambah visipro 2gb dengan bandwitch dan speed sama kerjanya optimal gak ya? Thanks

    ReplyDelete
  71. Izin tanya gan..mobo sya j&w 790gxl.slit ram ada 4 slot(2ddr2 warna biru ran 2 ddr3 watna hitam)ini trpsang 2gb ddr2 lancar.sya tambah ddr3 2gb.ko di mobo ada lampu nyala merah 2.dan d lyar ga tampil.tolong pencerahanya gan.

    ReplyDelete
  72. Bro ane punya laptop pake RAM 4 GB 12800 DDR3 merk samsung terdapat dual channel
    kalo ane tambah RAM 4 GB 12800 DDR3 lagi dgn merk samsung kan jd 8 GB bisa dual channel ga ya
    ada masalah ga ya kalo di pake terus menerus

    ReplyDelete
  73. mas saya pake laptop lenovo s410 ram maxweel DDR3L 4GB 12800...klo saya nambah ram pake v gen DDR3L 4GB 12800 jg kira2 cocok gak ya? trs bisa dual chanel jg gak? thankz sbelumnya

    ReplyDelete
  74. gan saya mau tanya kalau mau pasang ram yang 2 gb sama 4gb apa gk pincang ya

    ReplyDelete
  75. gan mau nanya notebook HP N570 pake ram ddr3 bekas laftop 2gb 1Rx8 pc3-12800s-11-12-B4 cocok ga,,,? bawaan notebook ram ddr3 1gb 8E7W-1333

    ReplyDelete
  76. Min ane mau tanya
    Ram laptop ane 2gb samsung pc3-12800, kayaknya ane pengen nambah 4gb lagi pake spesifikasi,merk,sama model yg sama kira2 punya ane bisa dual channel ga min?

    ReplyDelete
  77. gan ane kan punya ram CORSAIR CMZ4GX3M1A1600C9 4GB 1 keping, dan ane pengen DUAL CHANNEL, apakah dengan membeli merk dan seri yang sama bisa jadi DUAL CHANNEL? di tunggu responnya positifnya

    ReplyDelete
  78. Bro sorry ane mw tanya dongg..
    Kan ane di PC pake RAM 4Gb 1 keping..nah ane beli lagi nih RAM 4GB 1 keping..itu masuk nya single atau dual chanel yah gan ?
    terus masang RAM yang 1 lagi di slot yg warna sama atau beda di motherboardnya ?

    ReplyDelete
  79. keren blog'nya.
    *semoga sukses buat yg punya blog

    ReplyDelete
  80. Good job masbro, blognya keren bingit.... Tp ko akhir2 ini yg punya blog ko ga nonton yak bnyak yg myariin tuh hehehe

    ReplyDelete
  81. Gan tanya. PC ane kan udah terpasang ram Kit 2gb. kalo saya mau nambahanin ke 6gb, apakah saya harus beli yang dual kit 4gb? kalo di kasih yang singgle 4gb gmn sob? apakah effect dual chanel akan hilang?

    ReplyDelete
  82. Gan tolong di bantu yah. sy sudah hampir sebulan di bikin pusing tuh sm mobo ceritanya mau merakit cukup duit sedikit....
    1. mobo GA-G41MT-S2 rev:1.3 soket SATA2_0 patah tetapi ada 3 buah lgh . bekas teman
    2. processor intel E6850 core 2 duo 3.00 Ghz. beli bekas dari bang aliX cina
    3. RAM memory DDR3 kingston 1x4gb PC3-10600 CL9 240-pin DIMM

    setelah ke 3 barang tersebut sy pasang coba2 dulu di nyalain ternyata blank. tida bisa masuk bios. HDD belum sempat terpasang. yang lainya terpasang rapih. tetapi sy coba di compi jadul P4 posisi seperti itu sudah bisa hidup dn masuk ke bios.

    pertanyaannya...
    1. apakah benar mobo trsebut harus terpasang ke 2 selot memory trsebut. tidak boleh hanya 1 selot yng terpasang memory. sy telah membaca ini http://www.vickzkater.com/2013/04/ram-corsair-apa-yang-support.html#comment-form
    2. apapun merek dn tipe seperti apa memory yng cocok u/mobo trsebut. misalkan seperti di atas PC3-10600 CL9 tapi 2 keping.
    3. ma'af gan sy pemula. jawabannya sy tunggu yah..... terimakasih salam sukses


    ReplyDelete
  83. Maaf Mas Tanya dunk. Apakah sama ram yg bertipe 12800 dengan yg 12800s. Info Dr tmn klo mW gabungin ramnya harus sesuai bwaan speknya yg ada huruf s dibelakangnya

    ReplyDelete
  84. Maaf Mas Tanya dunk. Apakah sama ram yg bertipe 12800 dengan yg 12800s. Info Dr tmn klo mW gabungin ramnya harus sesuai bwaan speknya yg ada huruf s dibelakangnya

    ReplyDelete
  85. apa ada pengaruhny terhadap VGA onboard jika ram dipasang 2g 1 slot dgn 1G masing2 utk dua slot (jd 2G)

    ReplyDelete
  86. Mas maaf mau tanya, laptop saya ASUS A455L RAM 4gb VGA GT 930M 1gb. Nah sekarang saya mau beli RAM baru untuk menambah performa, Lebih baik ditambahkan 4gb lagi atau di ganti saja lngsung dengan 8gb??

    Jadi lebih baik menggunakan 2keping Ram 4gb ATAU 1keping Ram 8gb?

    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya mending pakai 2x2 keping jadi 4gb , perumpaan nya sudah jelas di dan jelaskan sama om deny di atas, #hanya membantu jawab hhe

      Delete
    2. Maksud nya 4x4 keping jadi 8gb , di banding dengan 1 keping jadi 8gb #maaf di ralat hihi :D

      Delete
  87. gan mau nanya ini Ram saya single channel 2gb..terus mau saya tambahin 2gb single channel lagi
    Apa itu jadinya dual channel 2x2gb gan??? apa ga??
    Apa kalo ane mau Dual channel harus beli baru 2x2gb gitu? dan yg lama diganti?

    ReplyDelete
  88. maaf boleh nanya apa bedanya Gskill SO-DIMM DDR3 PC17000 8GB SL F3-2133C11S-8GRSL / CL11-11-11-31 dengan Gskill SO-DIMM DDR3 PC17000 8GB SL Dual Channel F3-2133C11D-8GRSL / CL11-11-11-36 ?

    ReplyDelete
  89. mantaps bouzs, kirain single channel itu artinya laptop saya cuma bisa masang 1 ram doang ternyata dual channel itu jenis ram nya toh

    ReplyDelete
  90. maaf mau nanya keluar dari topik tapi masih sejalan,
    jika mobo cuma support ram 4GB, trus saya terlanjur beli yang 8GB (Single channel)
    apakah masih bisa jalan ?

    ReplyDelete
  91. Bro mau nanya, ram laptop casio saya khn 128GB nah saya pengen downgrade ke 128KB bisa ga? supaya main GTA 7nya lancar.

    ReplyDelete

Bingung Sob...!!!
Komentar disini saja...