Friday, June 14, 2013

Kapasitas Hardisk Sobat Menghilang? Ini Solusinya

Hallo sobat Komputerista. Mungkin suatu ketika sobat pernah mengalami kejadian. Ketika melihat properties pada hardisk ukuran Used space yang diperlihatkan jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran sebenarnya dari file-file yang sobat simpan dalam harddisk sobat. Pasti sobat bertanya-tanya, "Used space sebanyak ini siapa yang pakai...???"

Sebenarnya, yang pakai ya sobat sendiri...!!!

Sobat pasti sudah tau kan, setiap file yang sobat hapus dengan cara menekan tombol "delete" pada keyboard maupun dengan "klik kanan - delete" sebenarnya tidak benar-benar dihapus, melainkan dipindahkan ke sebuah lokasi yang bernama Recycle Bin. Ini nih sob biang keroknya. Dengan kata lain, semua data yang sobat hapus dengan cara di atas, tidaklah benar-benar dihapus, melainkan dikumpulkan pada lokasi lain namun masih tetap di dalam harddisk sobat.

Terus solusinya gimana...???

Ada 2 solusi yang bisa Komputerista kepada sobat semua. Pertama, dengan cara sering melihat isi dari Recycle Bin sobat, apabila semua yang terdapat pada recycle bin sudah tidak digunakan lakukan saja klik kanan pada Recycle Bin lalu pilih "Empty Recycle Bin". Dengan cara ini, semua data-data sampah yang masih tertinggal di Recycle Bin akan benar-benar dimusnahkan dari harddisk sobat.

Solusi kedua, kalau sobat tidak mau repot sering-sering buka Recycle Bin, sobat bisa melakukan penghapusan penghapusan permanen pada setiap data yang ingin sobat hapus, yaitu dengan menekan kombinasi "Shift+delete" setiap kali sobat ingin menghapus data-data yang sudah tidak diperlukan lagi.

Sekian dulu ya sob, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua. Kalau ada yang kurang jelas, silahkan sobat tinggalkan jejak pada komentar di bawah, terimakasih.

2 comments :

  1. Gan maksudnya single atau dual channel apakah sama dengan memìliki 1 atau 2 slot? Atau ada kemungkinan 1 slot dikategorikan dual channel? Laptop saya msi gp62mvr 7rf 16gb mau saya upgrade ke 32gb pakai ram merk geil spek GEIL SO-DIMM DDR4 - Black PCB - PC19200 Single Channel 16GB (1x16GB) 16-16-16-39 GS416GB2400C16S (2 buah) apakah cocok?mohon pencerahan

    ReplyDelete

Bingung Sob...!!!
Komentar disini saja...