Monday, December 21, 2015

Istilah-Istilah Dalam Memory Dual Channel (Symmetric, Asymmetric, Ganged, Unganged)

Halo sobat Komputerista, gimana nih kabarnya, semoga selalu sehat ya. Yuk kita belajar lagi tentang komputer.

Sebelumnya kita kan sudah membahas memory dual channel, mengenai definisi, kelebihan dan kekurangan. Seiring berkembangnya teknologi, mulai muncul teknologi-teknologi baru dengan istilah-istilah baru yang saya rasa cukup asing buat kita. Jadi mari kita bahas bersama mengenai istilah-istilah yang biasa kita temui pada teknologi Dual Channel.

Dari yang saya tau hingga sekarang ada 4 istilah yang muncul dari teknologi dual channel. Symmetric, Asymmetric, Ganged, dan Unganged. (kalau ada yang lain, tambahin ya sob :D).  Lalu apa sih yang dimaksud dari istilah-istilah tersebut, yuk kita bahas bersama.

1. Symmetric Dual Channel

Symmetric Dual Channel adalah teknologi standart Dual Channel, dimana semua keping memory memiliki kecepatan dan ukuran yang sama, sehingga dual channel pasti bisa berjalan pada komputer kita.

2. Asymmetric Dual Channel

Kebalikan dari Symmetric Dual Channel, teknologi Asymmetric memungkinkan kita untuk bisa memasang 2 keping memory dengan kecepatan dan ukuran yang berbeda. Sebagai contoh pertama untuk kecepatan memory yang berbeda, jika kita memasang memory keping pertama dengan kecapatan 553Mhz dan keping kedua dengan kecepatan 667Mhz, kecepatan memory pada keping kedua akan diturunkan menjadi 553Mhz untuk mengimbangi memory keping pertama. Jadi dual channel akan tetap berjalan, namun dengan mengikuti kecepatan terendah dari setiap keping memory.

Contoh kedua untuk ukuran memory yang berbeda, jika kita memiliki keping pertama 2GB dengan keping kedua 4GB, maka dual channel akan berjalan dengan hitungan  2GB dari keping pertama, dan 2GB dari keping kedua, sehingga total 4GB dual channel, dan sisa 2GB dari keping kedua akan berjalan sendiri sebagai single channel.

3. Ganged Mode

Ganged adalah mode di mana setiap keping memory dibaca secara terpisah, mode ini lebih bagus jika digunakan untuk suatu program berat dan tidak membutuhkan multithreading. Jadi jika suatu proses berat berjalan, maka penggunaan memory akan difokuskan pada satu keping hingga penuh, kemudian akan dilanjutkan ke memory kedua. Jadi proses bisa berjalan dengan cepat karena fokus pada salah satu ram. Namun mode ini kurang efekti jika kita gunakan untuk multithreading karena setiap proses yang berjalan harus bergantian dari setiap keping memory.


4. Unganged Mode

Unganged adalah kebalikan dari Ganged mode, dimana setiap keping memory yang ada digabungkan atau dibaca sebagai satu keping memory. Mode ini lebih bagus jika digunakan untuk multithreading, karena kita bisa melakukan write and read pada setiap keping memory dalam waktu yang bersamaan. Sehingga setiap aplikasi yang berjalan bisa berjalan bersama tanpa harus menunggu antara satu dengan yang lain.



Mode symetric dan asymetric sudah didukung oleh hampir semua perangkat baru dari Intel ataupun AMD, namun mode ganged dan unganged hanya ada pada AMD Phenom (AM2+). Mode ganged dan unganged ada dalam konfigurasi BIOS, jadi kita bisa memilih mode mana yang akan digunakan.

Segitu dulu ya sob penjelasannya, kalau ada yang salah jangan sungkan untuk dikoreksi ya. Jika ada penjelasan yang masih belum dimengerti, silahkan sobat tulis pada komentar di bawah. Mari kita belajar bersama sobat.

Sumber :
http://forum.notebookreview.com/threads/dual-channel-ram-guide.167472/
http://www.ilsistemista.net/index.php/hardware-analysis/3-the-phenom-phenomii-memory-controller-and-the-ganged-vs-unganged-question.html?start=1
http://semangkamania.blogspot.co.id/2011/03/ganged-mode-vs-unganged-mode_07.html

3 comments :

  1. Kl mau check motherboard Kita sudah support teknologi dual channel atau belumnya dimana y?, mau check support teknologi unganged, ganged nya itu dimana y?, selain lewat cpu z y, reply tq

    ReplyDelete
  2. Jadi 12gb dual channel itu masuk ke asymmetric dual channel ya. laptop saya sering saya coba beberapa konfigurasi ram identik sm yg enggak identik hasilnya selalu dual channel (asymmetric). Tp ada yg bikin saya bingung di beberapa kasus spek yg tertera di ramnya itu DDR3 667MHz tp setelah di pasang dilaptop sering jadi DDR3 800MHz. Dan menurut pengalaman dual channel asymmetric lebih kencang dikit dibanding single channel tp cukup jauh sm yg symmetric dual channel

    ReplyDelete

Bingung Sob...!!!
Komentar disini saja...